Ikhtiar Menanggulangi AIDS-HIV dan Narkoba dengan Tasawuf dan Psikoterapi

Di willayah Cirebon, Jawa Barat, jumlah penderita HIV/AIDS dari tahun ke tahun kian meningkat.  Penularan dan korbannya menyentuh pelbagai kalangan dengan  latarbelakang beragam. Menurut Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon, Sri Maryati MA,  total 984 kasus HIV/AIDS yang berhasil didata oleh KPA Kota Cirebon, sedangkan 58 dari temuan kasus itu, 62 persennya merupakan remaja.

Merespon fenomena demikian Prodi Tasawuf & Psikoterapi, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Cirebon menggelar acara FGD bertajuk “Upaya Penanggulangan HIV-AIDS, Narkoba, dan Obat-obatan Melalui Pendekatan Tasawuf Psikoterapi”.  Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, 28-29 November 2018, menghadirkan dua pembicara Nurcholish, M.Pdi dan Dr. AD. Ahmad, Kaprodi Tasawuf dan Psikoterapi.

“Ini (Tasawuf dan Psikoterapi) memang metode yang baru kita mulai, insya Allah kedepannya kita tetap akan melakukan kerjasama itu dengan Prodi Tasawuf & Psikoterapi, FAI, UMC. Karena sebelumnya memang kita melakukan pendekatan medis, pengobatan tritmen, kemudian juga pendekatan psikologis dan pendekatan lainnya,” tegas Sri. (az)

Leave a Reply