Profil FAI UMC

We are a team of 30 plumbing professionals with an experience of 20 years in domestic and commercial plumbing services.​

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di laman Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Cirebon (FAI-UMC). Sejak berdiri 2017 lalu, kami menyadari bahwa tantangan umat Islam ke depan sangat kompleks; tidak bisa sekadar mengandalkan penguasaan terhadap literasi keilmuan dan kajian keislaman, tapi juga kemampuan dan kompetensi lain yang lintas disiplin. Apalagi, saat ini, kita tengah memasuki Era Society 5.0 dimana teknologi digital menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang serba inovatif dan canggih (AI, Big Data, dan lain-lainnya).

Untuk itulah, kami berikhtiar semaksimal mungkin agar para lulusan kami yang studi dan menjadi keluarga besar Fakultas Agama Islam kelak menjadi intelektual dan profesional muslim yang siap bersaing dan berdampak sesuai perkembangan zaman.  Bentuk pengejawantahan dari azam tersebut, kami menyediakan kurikulum pendidikan, Sumber Daya Manusia (SDM, dosen dan tendik) sarana prasarana proses KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar), hingga layanan akademik yang mumpuni dan berkemajuan. 

Harapannya, mahasiswa/i yang belajar di FAI-UMC benar-benar menjadi lulusan yang religius, unggul, dan mandiri sebagaimana visi dan misi kami. Kehadirannya  mampu berkontribusi positif dan inovatif untuk agama dan negaranya, Indonesia.

Akhir kalam, selamat bergabung menjadi Keluarga Besar FAI-UMC. 

Naṣrum-minallāhi wa fat-ḥun qarīb, wa basysyiril-mu`minīn. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Dr. Aip Syarifudin M.Pd.I

Dekan Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Cirebon

Sejarah

Fakultas Agama Islam (FAI) adalah fakultas ketujuh di Universitas Muhamadiyah Cirebon (UMC).  Sebelum FAI berdiri, UMC sudah memiliki tiga (3) fakultas: Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada tahun 2000. Ketiganya berlokasi yang sekarang menjadi Kampus I UMC di Jl. Tuparev No. 70 Cirebon. Pada tahun 2009, bertambah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) dan berlokasi di Kampus 2 di Jl. Watubelah No. 40 Kelurahan Watubelah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Selanjutnya, pada tahun 2015 mengalami perkembangan dengan berdirinya Fakultas Hukum (FH) dan berlokasi di Kampus I. Dua tahun berikutnya, 2017, barulah FAI berdiri dan bertempat di Kampus 2. 

Pendirian FAI ini secara resmi dan disahkan secara hukum pada 31 Oktober 2017 berdasarkan SK Dirjen Diktis Kemenag RI No. 6019 tahun 2017.  Sejak pertama berdiri, FAI langsung memayungi dua program studi, yakni Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi dan Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir. 

Sebelum fakultas ini berdiri, tim internal UMC terlebih dulu sudah melakukan observasi lapangan secara informal guna mengetahui dan memetakan  problem para pemuda/i dan atau para alumnus sekolah menengah atas dalam  aspek sosial-keagamaan. Banyak persoalan, mulai dari dekadensi moral, merosotnya nilai-nilai religi, terpaparnya efek negatif dunia digital (informasi-teknologi) hingga kesenjangan ekonomi dan lain-lainya.  Terutama sekali di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) sebagai wilayah yang secara geografis bukan kota besar.   

Untuk itulah, keberadaan Fakultas Agama Islam UMC diharapkan bisa menjadi: pertama, salah satu pusat pengkajian dan penelitian khazanah keilmuan Islam di Universitas Muhammadiyah Cirebon bagi warga Ciayumajakuning secara spesifik dan warga di luar Ciayumajakuning (Jawa Barat) secara umum yang menjadi target FAI ke depan; kedua, menjadi wadah yang mampu menciptakan kader-kader Muslim yang bisa menyeimbangkan antara aspek ukhrawi (nilai-nilai intelektual-spiritual)  dan aspek duniawi (profesionalisme) di tengah-tengah masyarakat yang kian kompleks dan menantang.  Walhasil, pasca lulus dari FAI, para alumnus sudah siap terjun membina dan memberdayakan orang banyak plus menjadi role-model dan inspirasi bagi khalayak. 

Visi

“Menjadi Fakultas Agama Islam Unggulan dalam Menghasilkan Sarjana Agama Islam yang Religius, Profesional, dan Mandiri di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2030”.

Misi

Melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bentuk pendidikan dan pengajaran berbasis nilai keislaman.
Melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah yang bertema keislaman dalam berbagai perspektif keilmuan Islam.
Menjalin kerjasama bilateral dan multilateral dalam pengembangan keilmuan Islam untuk mencetak lulusan yang kompeten di bidangnya.

Struktur Organisasi

Akreditasi